PENGARUH VARIASI PANJANG KAIT (INTERLOCKING) SERAT KAWAT LOKET LAPIS PVC TERHADAP KUAT TEKAN, KUAT TARIK BELAH, DAN MODULUS ELASTISITAS BETON SERAT (FIBER CONCRETE)

Authors

  • Muthiah Putrilan Syamnah Harahap Staff Ruang Baca Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijaya
  • Indradi Wijatmiko
  • Indra Waluyohadi

Abstract

Beton serat adalah bahan yang diperoleh dari hasil pencampuran antara beton dengan serat dari logam atau non logam secara merata, bertujuanuntuk mengurangi atau mengatasi kelemahan beton yaitu rendahnya kuat tarik beton dan memiliki sifat getas.Serat yang terdapat di Indonesia masih terbatas dan hampir tidak dikhususkan untuk pembuatan beton. Untuk mempermudah mendapatkan serat dalam pembuatan beton, telah ditemukan solusi alternatif yaitu dengan membuat potongan-potongan dengan variasi tertentu pada serat yang tersedia banyak di pasaran Indonesia.

Pada penelitian ini, serat yang digunakan adalah kawat loket lapis PVC hijau berdiameter 1 mm dengan ukuran potongan panjang 3,6 cm dan variasinya pada panjang kait (interlocking). Variasi itu adalah 0,6 cm, 1,2 cm, dan 1,8 cm. Benda uji berjumlah 24 buah silinder, dengan 6 silinder beton normal (tanpa serat) dan 18 silinder beton serat yang memiliki volume fraksi 1% dari volume silinder. Silinder yang digunakan memiliki ukuran diameter 15 cm dan tinggi 30 cm. Pengujian kuat tarik belah, kuat tekan, dan modulus elastisitas setelah berumur 28 hari.

Hasil pengujian kuat tarik belah beton serat menunjukkan bahwa nilai kuat tarik belah maksimum diperoleh pada panjang kait (interlocking) 0,6 cmdengan nilai ft = 2,489 MPa (meningkat 2,6% dari beton normal), yang berarti bahwa penambahan serat dapat meningkatkan nilai kuat tarik belah beton. Hasil pengujian kuat tekan beton serat menunjukkan bahwa nilai kuat tekan maksimum diperoleh pada panjang kait (interlocking) 1,2 cmdengan nilai f’c = 31,366 MPa (menurun 4,6% dari beton normal), yang berarti penambahan serat tidak berpengaruh banyak dan dapat menurunkan nilai kuat tekan beton.Sedangkan hasil uji modulus elastisitas beton serat menunjukkan bahwa nilai modulus elastisitas maksimum diperoleh pada panjang kait (interlocking) 0,6 cm dengan nilai Ec = 33326,069 MPa (menurun 24% dari beton normal).

Kata kunci: beton serat, serat kawat loket lapis PVC, kuat tarik belah, kuat tekan, modulus elastisitas

Published

2017-07-24

Issue

Section

STRUKTUR (STRUCTURE)