PENGARUH GEMPA TERHADAP PERILAKU JEMBATAN PELENGKUNG SULTAN MUHAMMAD ALI ABDUL JALIL MUAZZAMYAH RIAU DENGAN TIME HISTORY ANALYSIS

Mohammad Radja Nur Rizqi, Desy Setyowulan, Eva Arifi

Abstract


Jembatan Pelengkung Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzamyah atau biasa di sebut Jembatan Siak III merupakan jembatan pelengkung yang berada di Indonesia. Indonesia merupakan negara yang rawan terjadinya gempa bumi. Dengan adanya gempa, Analisis riwayat waktu dapat di jadikan pedoman untuk mengetahui perilaku struktur jembatan. Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan melakukan pemodelan pada struktur jembatan. Akan tetapi besar dimensi dan material struktur jembatan yang tidak diketahui akan ditentukan sendiri oleh peneliti dimana panjang dan lebar mengikuti jembatan Siak III. Setelah pemodelan struktur jembatan selesai, input data time history pada struktur jembatan. Data gempa yang digunakan adalah gempa bumi Hyogo-Ken Nanbu di Jepang. Lalu dilakukan analisis terhadap struktur jembatan akibat gempa berupa mode shapes, displacement, dan tegangan yang terjadi.

Hasil analisis yang dihasilkan yaitu mode shapes terbesar terlihat pada arah sumbu Y jembatan. Untuk displacement terbesar terjadi pada bentang tengah jembatan dimana besar displacement lebih besar dari lendutan maksimum jembatan yang diijinkan. Lalu pada tegangan setiap batang memiliki tahanan yang di antaranya lebih besar dari pada tahanan nominal penampang, dimana tegangan terbesar terjadi pada struktur utama jembatan yaitu gelagar pelengkung.

Kata kunci: Jembatan, jembatan pelengkung, mode shapes, displacement, tegangan, time history analysis


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
gosip rumahan berita harian windows gadget toko game