EVALUASI KINERJA ANGKUTAN KAPAL LAUT TUJUAN SURABAYA-MAKASSAR

Miftahur Ridlo, Bimantoro Beny Prabowo, Achmad Wicaksono, Rahayu K

Abstract


Indonesia merupakan negara kepulauan yang sebagian besar areanya terdiri dari  lautan.  Dengan begitu,  salah satu moda transportasi yang dapat diandalkan adalah kapal laut.  Kapal laut merupakan moda transportasi murah yang dapat menjangkau  sebagian besar pulau-pulau yang ada di Indonesia dengan daya angkut yang besar.  Namun,  telah terjadi penurunan jumlah penumpang dari waktu ke waktu.  Maka dari itu  perlu dilakukan evaluasi kinerja kapal. Penelitian ini bertujuan untuk;  mengetahui  karakteristik penumpang kapal laut rute Surabaya – Makassar,  mengetahui kinerja  operasional kapal laut rute pelayanan Surabaya – Makassar, dan mengetahui bentuk  model pemilihan pengguna layanan antara kapal laut dan pesawat terbang dengan tujuan  Surabaya – Makassar.

Survei ini dilakukan terhadap penumpang kapal laut dengan rute Surabaya –  Makassar dengan jumlah responden 150 orang penumpang untuk metode Importance – Performance Analysis dan Stated Preference.  Evaluasi yang dilakukan dalam penelitian  ini menggunkan metode Importance – Performance Analysis untuk analisis kinerja  pelayanan kapal laut dan juga digunakan metode Stated Preference untuk mengetahui  perbandingan dengan moda pesawat terbang,  yang juga bertujuan untuk mengevaluasi  kekurangan dan keunggulan moda kapal laut. Penelitaian ini dilakukan pada bulan  September 2015 yang berlokasi di atas kapal laut rute Surabaya – Makassar dan juga di  pelabuhan.

Berdasarkan hasil kajian yang telah dilakukan, maka diketahui karakteristik  responden yang didominasi oleh penumpang dengan usia 25 – 40 tahun (58%) dengan  pendidikan terakhir SMA (44%) dan penghasilan keluarga sebesar 3 – 4 juta rupiah  perbulan.  Maksud tujuan dari perjalanan yang dilkukan umumnya dengan maksud  tujuan non-bisnis dan menggunakan biaya sendiri serta alasan penggunaan kapal laut  adalah karena alasan biaya perjalanan. Dari analisis metode Importance – Performance Analysis, fasilitas yang perlu dibenahi diantaranya adalah naik turun penumpang dari  dan  ke kapal, toilet, fasilitas pengatur suhu, ruang pelayanan kesehatan, fasilitas  kemudahan naik turun penumpang, fasilitas penyandang difable, dan ruang ibu  menyusui. Sedangkan dari metode Stated Pereference, diperoleh model (UP– UK) = 1,823-0,688(ΔX) dimana ΔX = selisih ketepatan jadwal. (UP– UK) = 7,838+0,778(ΔX3) dimana ΔX3 = selisih frekuensi keberangkatan.

Kata Kunci :   Evaluasi Kinerja,  Kapal,  Laut, Surabaya-Makassar, Metode Stated Preference, Metode Importance Performance Analisis.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.