PENGARUH PENGGUNAAN LIMBAH BATU ONYX SEBAGAI PENGGANTI AGREGAT KASAR PADA CAMPURAN BETON TERHADAP KUAT TARIK BELAH BETON

Authors

  • Aulia Nurul Annisa Staff Ruang Baca Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijaya
  • Edhi Wahjuni Setyowati
  • Agoes Soehardjono MD

Abstract

Ketersediaan bahan baku untuk beton itu melimpah di negara kita namun kita juga tetap harus menjaga kelangsungan dan kestabilan sumber daya alam. Salah satu inovasi yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan bahan baku dari limbah merupakan alternatif yang cukup potensial untuk diteliti.

Pada penelitian ini, limbah yang dipilih yaitu batu onyx. Limbah onyx berasal dari Desa Gamping, Kecamatan Campurdarat, Kabupaten Tulungagung, Provinsi Jawa Timur. Di sekitar Desa Gamping. Bentuk fisik dari batu onyx ini yaitu berwarna putih bening, tembus cahaya, memiliki permukaan yang tajam dan memiliki pori-pori yang sangat rapat.

Dari hasil penelitian ini kuat tarik belah antara beton dengan agregat kasar batu onyx dan batu pecah memiliki perbedaan yang tidak terlalu jauh. Dengan nilai kuat tarik belah rata-rata pada FAS 0.4 sebesar 2.66 Mpa untuk beton onyx dan 3.13 Mpa untuk beton normal,kuat tarik belah rata-rata pada FAS 0.5 sebesar 1.96 Mpa untuk beton onyx dan 2.30 Mpa untuk beton normal dan untuk kuat tarik belah rata-rata pada FAS 0.6 1.83 Mpa untuk beton onyx dan 1.59 Mpa untuk beton normal.

FAS optimum terletak pada FAS 0.553, pada FAS dengan nilai lebih kecil dari 0.553 beton normal lebih baik daripada beton normal namun pada FAS dengan nilai lebih besar dari 0.553 beton onyx lebih baik daripada beton normal.

Kata – kata kunci : limbah batu onyx, faktor air semen, kuat tarik belah beton.

Downloads

Published

2016-02-04

Issue

Section

STRUKTUR (STRUCTURE)