PENGARUH PELAPISAN CAT PADA AGREGAT KASAR TERHADAP KUAT LENTUR BALOK TUMPUAN SEDERHANA BERAGREGAT BATU PUMICE

Rainhart Markus Partogi Lumban Gaol, Wisnumurti ., Devi Nuralinah

Abstract


Penggunaan beton dalam berbagai konstruksi bangunan sangat cepat perkembangannya dikarenakan memiliki banyak kelebihan saat digunakan sebagai bahan struktural. Beton dengan agregat kerikil normal menjadi komponen utama dalam pembentukan sehingga sumber daya alam agregat kasar kerikil menjadi berkurang. Beton ringan dengan agregat kasar batu pumice menjadi salah satu terobosan baru dalam penggunaan konstruksi bangunan, salah satu alasan penggunaan agregat kasar batu pumice dikarenakan melimpahnya sumber daya alam batu pumice yang tidak digunakan dengan sangat baik.

Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelapisan cat dan  penyerapan air yang terjadi pada agregat batu pumice, yang mana penelitian ini dilakukan dengan membandingkan kekuatan antara beton normal beragregat kerikil, beton ringan beragregat batu pumice dan beton ringan beragregat batu pumice berlapiskan cat. Penelitian ini melakukan pengujian penyerapan air pada masing-masing agregat, pengujian kuat tekan beton silinder dan pengujian pembebanan balok. Setiap pengujian tersebut dilakukan pada masing-masing beton dengan agregat kasar yang sudah direncanakan sehingga dari hasil pengujian tersebut didapatkan perbandingan kekuatan.

Hasil pengujian didapatkan bahwa nilai momen lentur rata-rata pada beton dengan agregat normal 40516, 917 Kg.cm, beton ringan agregat kasar batu pumice berlapiskan cat dengan nilai 37183, 583 Kg.cm sedangkan untuk beton agregat batu pumice tanpa cat dengan nilai 38141,917 Kg.cm. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa kuat lentur beton beragregat kasar normal lebih tinggi lalu kekuatannya dibandingkan dengan beton ringan, lalu beton ringan agregat kasar batu pumice berlapiskan cat lebih tinggi kekuatannya dibandingkan dengan agregat batu pumice tanpa cat. Untuk tingkat penyerapan air, hasil yang didapatkan 3,2% untuk agregat kasar normal sedangkan  agregat kasar batu pumice berlapiskan cat dengan 10,1 % dan agregat kasar batu pumice tanpa cat sebesar 14%.

Kata kunci : kerikil, batu pumice , cat, kuat lentur balok, penyerapan air


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.