PERBANDINGAN KUAT LENTUR DUA ARAH PLAT BETON BERTULANGAN BAMBU RANGKAP LAPIS STYROFOAM DENGAN PLAT BETON BERTULANGAN BAMBU RANGKAP TANPA STYROFOAM

Lutfi Pakusadewo, Wisnumurti ., Ari Wibowo

Abstract


Beton merupakan material yang sangat banyak digunakan sebagai material untuk struktur utama dalam konstruksi. Banyak keuntungan menggunakan beton sebagai material struktur utama. Selain itu, beton yang mampu dipadukan dengan tulangan baja, atau biasa yang disebut dengan beton bertulang. Pada konstrusi pembangunan, hampir seluruhnya menggunakan beton bertulang. Seiring perkembangan zaman, muncul inovasi-inovasi untuk membuat beton ringan namun juga kokoh, awet, dan murah. Salah satunya dengan cara membuat plat beton dengan lapis styrofoam bertulangan bambu.

Pada penelitian ini dilakukan dengan membuat sebuah plat dimana terdapat Styrofoam yang dilapisi dengan beton, tulangan plat diganti dengan bambu yang telah dilapisi dengan cat. Plat nantinya dibandingkan dengan plat bertulangan bambu tanpa styrofoam. Kedua plat diuji lentur dengan beban terpusat dan hasil pengujian keduanya dibandingkan.

Dari penelitian laboratorium diperoleh beban maksimum dari dua jenis plat tersebut, dimana beban maksimum plat beton lapis styrofoam sebesar 1779,4 kg dan untuk plat beton tanpa styrofoam 2079,4 kg. Selain itu lendutan pada kedua plat juga berbeda, dimana rata-rata lendutan yang terjadi pada plat beton tanpa styrofoam 9,715mm, sementara  plat beton dengan styrofoam yang rata-ratanya sebesar 12,67mm. Keruntuhan yang dihasilkan oleh kedua panel merupakan jenis keruntuhan lentur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa panel yang didalamnya diletakkan styrofoam memiliki kekuatan yang hampir sama dengan panel tanpa styrofoam.

Kata kunci : plat, kuat lentur, bambu, styrofoam.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.