ANALISA PRODUKTIVITAS PEKERJAAN DINDING PANEL, DINDING BATU BATA KONVENSIONAL, DAN SNI PEKERJAAN DINDING

Authors

  • Rifky Rezha P.Y Staff Ruang Baca Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijaya
  • Saifoe El Unas
  • Kartika Puspa N

Abstract

Ada beberapa teknologi dan bahan di bidang konstruksi sebagai pengganti material dinding bangunan konvesional, antara lain PANEL dan bata konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan produktivitas dan biaya satuan pekerjaan dinding menggunakan material PANEL dan bata merah berdasarkan metode konvensional dan SNI.

Data produktivitas pada penelitian ini diperoleh dengan mengamati secara langsung kecepatan pekerjaan di lapangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Daily Record Sheet dan Baseline Productivity, dan dengan metode SNI. Koefisien pekerjaan untuk menghitung analisa harga satuan pekerjaan didapatkan dengan menghitung sendiri berdasarkan dari nilai produktifitas yang didapat.

Hasil dari analisa produktivitas menunjukan bahwa nilai produktivitas pekerjaan dinding PANEL pada tiap jenis pengamatan adalah: pemasangan = 12,723 /jam, plester tahap I = 108,814 /jam, plester tahap II = 28,346 /jam. Sedangkan nilai produktifitas pekerjaan dinding bata konvensional adalah: pemasangan = 3,00 /jam, plester = 3,57 /jam. Dan nilai produktifitas dinding bata konvensional berdasarkan SNI adalah : pemasangan = 1,33 /jam, plester = 1,00 /jam. Harga satuan pekerjaan dinding Panel tiap m2 sebesar Rp   211.271,72, dinding bata konvensional sebesar Rp 84.258,98, dan dinding bata konfensional berdasarkan SNI sebesar Rp. 130.422,08.

Kata kunci: dinding PANEL, dinding bata konfensional, harga satuan pekerjaan,  produktifitas.

Downloads

Published

2015-06-16

Issue

Section

MANAJEMEN KONSTRUKSI (CONSTRUCTION MANAGEMENT)