Pengaruh Repitisi Beban Terhadap Tegangan, dan Penurunan Tanah Ekpansif Pada Model Perkerasan Lentur

Authors

  • Arie Purbiantoro Staff Ruang Baca Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijaya
  • Harimurti .
  • Arief Rachmansyah

Abstract

Dalam perencanaannya struktur perkerasan jalan dirancang dengan suatu umur rencana tertentu. Pengulangan beban sumbu tertentu yang mampu dipikul oleh suatu perkerasan menjadi parameter utama dalam menentukan umur rencana dari perkerasan jalan. Selain pengulangan dari beban sumbu tertentu, kondisi tanah dasar dari perkerasan yang berupa tanah lempung ekspansif juga menjadi faktor utama dari kerusakan jalan dimana umur rencana menjadi lebih cepat tercapai.

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana hubungan pengulangan beban sumbu terhadap tegangan dan penurunan tanah dasar ekspansif pada model perkerasan lentur.

Dari penelitian ini didapakan hasil bahwa seiring dengan bertambahnya jumlah repetisi beban nilai dari penurunan awal menjadi berkurang secara konstan dengan perubahan yang sangat kecil hingga repetisi akhir. Pola yang sama juga terjadi pada pengujian tegangan tanah, nilai dari tegangan pada repetisi awal bernilai jauh lebih tinggi dibandingkan repetisi beban akhir. Kondisi ini diakibatkan oleh kepadatan lapisan tanah yang semakin tinggi sehingga sudut penyebaran distribusi beban menjadi semakin besar dan nilai dari distribusi tegangan pun semakin kecil.

Kata Kunci  : Tanah Ekspansif, Repetisi Beban, Tegangan Tanah, Penurunan Tanah

Downloads

Published

2015-05-11

Issue

Section

GEOLOGI TEKNIK (GEOLOGY)