OPTIMASI SITE LAYOUT MENGGUNAKAN MULTI-OBJECTIVES FUNCTION PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG KULIAH TERPADU TAHAP III POLITEKNIK NEGERI MALANG

Authors

  • Rega Bhaskara Yuliantoro Staff Ruang Baca Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijaya
  • M. Hamzah Hasyim
  • Kartika Puspa Negara

Abstract

Setiap proyek konstruksi harus ada fasilitas proyek (site facilities) untuk menunjang kinerja pekerja konstruksi. Tata letak fasilitas proyek harus menyesuaikan kebutuhan maupun keadaan/medan di lapangan.Fasilitas proyek (site facilities) pada proyek konstruksi berskala besar harus diimbangi dengan fasilitas kerja yang memadai dan efisien sehingga aktifitas pembangunan dapat berjalan lancar, nyaman serta mendukung program keselamatan dan kesehatan kerja (K3). Sistem manajemen keselamatan kerja sangat penting dalam proyek berskala besar, tingginya intensitas kegiatan yang ada di dalam proyek tersebut mengharuskan penempatan site facilities yang efisien, aman dan nyaman untuk pekerja konstruksi.

Pada penelitian ini dilakukan pegoptimasian site layoutproyek dengan menggunakan analisis multi-objectives function yaitu analisis Traveling Distance (jarak tempuh) dan analisisSafety Index (tingkat keamanan dan keselamatan). Semakin kecil nilai traveling distance yang dihasilkan maka semakin dekat perjalanan pekerja untuk berpindah ke fasilitas proyek ke lain dan semakin kecil nilai safety index maka tingkat kecelakaan yang dialami pekerja yang melalui zona bahaya juga akan semakin kecil. Site layout yang paling optimal diketahui dari beberapa skenario pemindahan fasilitas proyek untuk mendapatkan site layout yang efisien.

Dari identifikasi dari 4 skenario yang di analisa maka didapat nilai traveling distance paling minimum pada skenario 2 dengan nilai sebesar 59579,271 meter atau mengalami penurunan nilai traveling distance sebesar 0,96% dari kondisi eksisting. Untuk perhitungan nilai safety index diketahui bahwa nilai safety index minimum pada skenario 4 dengan nilai sebesar 809,606 atau mengalami penurunan nilai safety index sebesar 0,95% dari kondisi eksisting. Analisa site layout optimum dan memenuhi kriteria antara persentase 30% untuk nilai traveling distance dan 70% untuk nilai safety index adalah site layout pada skenario 4 dengan nilai total sebesar 1,041273.

Kata kunci : optimasi, site layout, fasilitas proyek, traveling distance, safety index

Downloads

Published

2015-02-04

Issue

Section

MANAJEMEN KONSTRUKSI (CONSTRUCTION MANAGEMENT)