ANALISA TEGANGAN DAN REGANGAN DINDING PANEL JARING KAWAT BAJA TIGA DIMENSI DENGAN VARIASI RASIO TINGGI DAN LEBAR (Hw/Lw) TERHADAP BEBAN LATERAL STATIK

Putri Dewanti S.Utami, Sri Murni Dewi, Wisnumurti .

Abstract


Dinding merupakan bagian bangunan yang sangat penting peranannya bagi suatu konstruksi bangunan. Dinding merupakan salah satu elemen konstruksi struktur bangunan yang selain berfungsi sebagai pembatas juga berfungsi sebagai penahan beban lateral (­in-plane). Penggunaan material konvensional untuk pembuatan dinding masih banyak dijumpai pada masyarakat Indonesia seperti batu bata maupun batako. Namun, saat ini muncul teknologi baru konstruksi dinding pracetak yaitu dinding panel jaring kawat baja tiga dimensi yang berbahan EPS (Extended Polystrene System) dan wiremesh. Dinding ini didesain sebagai dinding struktural yang berfungsi sebagai penahan beban lateral (­in-plane). Perilaku yang akan diamati pada dinding ini adalah tegangan dan regangan yang terjadi. Pada penelitian ini digunakan tiga variasi rasio dinding panel jaring kawat baja tiga dimensi yaitu dengan ukuran 60 cm x 60 cm (Hw/Lw=1), 90 cm x 60 cm (Hw/Lw=1,5), dan 120 cm x 60 cm (Hw/Lw=2). Tebal dinding secara keseluruhan adalah 15 cm dan tebal EPS+wiremesh adalah 8 cm dengan tebal beton 7 cm. Pengujian beban lateral statik (static load test) dilakukan dengan memberikan beban tiap 100 kg (load control) hingga mencapai beban maksimum dinding dan dilanjutkan dengan tahap displacement control. Pencatatan data dilakukan setiap tahap pembebanan yaitu pencatatan deformasi lateral total, perpanjangan diagonal dinding, regangan pada wiremesh, dan pengamatan mekanisme pola retak serta keruntuhan dinding (failure mechanisme). Hasil dari penelitian dan pengolahan data adalah nilai regangan pada keadaan aktual jauh lebih kecil dari pada keadaan teoritis. Untuk grafik arah lentur, nilai regangan pada dinding A3, B3, C3 dalam kondisi aktual berturut-turut adalah  0,00004; 1,7.10-5; 4,2.10-6. Untuk regangan dinding arah geser, nilai regangan dinding A3, B3, C3 arah geser dalam kondisi aktual berturut-turut adalah 4,9.10-6; 1,9.10-6; 2,8.10-6.

Kata Kunci : Tegangan, regangan, dinding panel jaring kawat baja tiga dimensi, rasio tinggi dan lebar (Hw/Lw), beban lateral statik.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.