EVALUASI TARIF KERETA API KOMUTER LAWANG-MALANG-KEPANJEN

Yonky Prasetyo Eko Priyo Jatmiko, Achmad Wicaksono, Gagoek Soenar Prawito

Abstract


Dengan adanya permasalahan transportasi yang semakin rumit, bertambahnya jumlah penduduk secara signifikan dan semakin berkembangnya perekonomian di kawasan Lawang dan Kepanjen diperlukan sarana transportasi yang memadai agar kegiatan ekonomi dapat berjalan lancar. Untuk mendukung rencana tersebut dibutuhkan adanya studi analisis mengenai besarnya tarif kereta api komuter Lawang-Malang-Kepanjen.

Tarif rancana komuter yang akan diberlakukan direncanakan sebesar Rp 5.000 (bisnis-jatim.com). Untuk mengetahui seberapa besar antusias masyarakat Kota Malang terhadap kereta komuter dengan tarif yang telah dicanangkan, dapat dilakukan dengan pendekatan melalui cara rasional yaitu proporsi alokasi budget untuk transportasi yang dianggap layak atau ideal dari total budget pengeluaran (Ability to Pay) yang nantinya juga berpengaruh pada kemauan membayar ( Willingness to Pay).

Dari analisa ATP dan WTP terhadap tarif rencana komuter sebesar Rp 5000,- (bisnis-jatim.com) tanpa membedakan penumpang umum atau pelajar diperoleh ATP dan WTP lebih besar dari tarif rencana 100%, artinya jika diberlakukan tarif Rp 5000,- secara keseluruhan responden mempunyai kemampuan dan kemauan untuk membayar.

Menurut hasil analisa tarif dengan menggunakan biaya operasional, didapatkan beberapa tarif perjalanan Komuter  jurusan Lawang-Malang-Kepanjen yaitu Rp17.062 untuk load faktor 111 % (okupansi maksimum pada tahun 2011), Rp18.939 untuk load faktor 100% (realisasi ketersediaan tempat duduk oleh PT. KAI (Persero), Rp16.070 untuk load faktor 70% (peraturan menteri perhubungan unutk penentuan tarif KA), dan Rp18.749 untuk load faktor 60% (standart PT. KAI (Pesero) untuk penentuan tarif). Dari analisa tarif dengan load factor tertinggi yaitu 111%, didapatkan biaya subsidi dari pemerintah sebesar Rp12.000 untuk tiap penumpang KA. Komuter  jurusan Lawang-Malang-Kepanjen.

 

Kata kunci : komuter, ATP, WTP, biaya operasional kereta, tarif.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.