Optimalisasi Pemotongan Besi Beton Menggunakan Metode Integer Linear Programming Pada Proyek Pembangunan Gedung Oncology Centre Rumah Sakit Mitra Keluarga Surabaya

Authors

  • Brian Arnold Natanael Hutapea Departemen Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijaya
  • Saifoe El Unas Departemen Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijaya
  • Eko Andi Suryo Departemen Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijaya

Abstract

Meningkatnya masalah keberlanjutan dampak konstruksiterhadap lingkungan yang terjadi telah mendorong sektorkonstruksi untuk mengadopsi pendekatan konstruksiberkelanjutan. Konstruksi berkelanjutan yang dimaksudkanadalah sebuah pendekatan yang mendukung tujuan ekonomi, lingkungan dan sosial dalam pelaksanaan pekerjaankonstruksi yang menciptakan suatu fasilitas fisik.Pendekatan konstruksi berkelanjutan diterapkan secaraefisien dan terpadu dengan memperhatikan prinsipkonstruksi ramping. Konstruksi ramping merupakan suatumetode yang digunakan dalam pekerjaan konstruksi dengancara meminimalkan waste dalam bentuk material dan waktu, dengan tujuan peningkatan nilai (value).

Dalam menanggulangi waste material besi beton pada sebuah proyek, pelaksana proyek perlu mendapatkan cara / pola pemotongan yang paling efektif untuk menghasilkanwaste besi yang paling minimal. Optimalisasi pemotonganbesi beton dilakukan dengan cara memperoleh data sekunderberupa bar bending schedule, biaya pengadaan besi beton, dan gambar perencanaan proyek. Dari data mengenai jumlahkebutuhan tiap varian panjang besi beton yang dibutuhkan, selanjutnya dibuat opsi alternatif pola pemotongan besibeton sesuai diameter (D 16, D 19, dan D 25). Opsialternatif pola pemotongan tersebut menjadi acuan dalammembentuk variabel keputusan, fungsi tujuan, dan fungsibatasan yang digunakan dalam optimalisasi menggunakanmetode integer linear programming dengan bantuansoftware QM for Windows.

Dari hasil optimalisasi tersebut, didapatkan efisiensibiaya besi beton yang optimum dari hasil metode integer linear programming pada proyek pembangunan Gedung Oncology Centre (Radiotheraphy) Rumah Sakit Mitra Keluarga Surabaya sebesar Rp.28.482.000,00 (dua puluhdelapan juta empat ratus delapan puluh dua ribu rupiah).

Kata kunci: konstruksi berkelanjutan, optimalisasi, pemotongan besi beton, integer linear programming

Published

2023-08-11

Issue

Section

MANAJEMEN KONSTRUKSI (CONSTRUCTION MANAGEMENT)