Studi Eksperimental pada Balok Komposit Berongga Baja Cold-Formed Tipe Double C Berhadapan dengan Variasi Jarak Sambungan Sekrup Terhadap Kapasitas Lentur

Authors

  • Esti Prabandari Departemen Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijaya
  • Desy Setyowulan Departemen Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijay
  • Devi Nuralinah Departemen Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijay

Abstract

Salah satu inovasi dalam konstruksi adalah penggunaan material baja yang sangat tipis tetapi memiliki kekuatan yang sangat tinggi, yaitu baja cold-formed. Material ini merupakan material ramah lingkungan karena dapat di daur ulang dan memiliki ketebalan antara 0,5mm-4mm tetapi memiliki kekuatan serta kekakuan yang tinggi, sehingga cocok digunakan pada konstruksi. Maka dari itu, apabila dikombinasikan dengan material beton sebagai elemen struktur maka kapasitas dari struktur tersebut akan dapat menahan beban 33%-50% lebih besar dari beban yang ditahan oleh baja profil sebagai non komposit. Pada penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh jarak sambungan pada struktur balok komposit berongga yang dilakukan dengan eksperimen di Laboratorium Struktur dan Bahan Konstruksi Teknik Sipil FT-UB. Penelitian ini dilakukan pengujian lentur terhadap balok komposit berongga dimana beton menyelimuti baja cold-formed dengan tipe double C berhadapan dan disambung menggunakan sekrup dengan variasi jarak sambungan 150mm, 200mm, serta 300mm.  Berdasarkan eksperimen didapatkan hasil bahwa jarak sambungan mempengaruhi kapasitas balok, lendutan, dan tegangan lentur. Kapasitas maksimum dari balok dengan jarak sambungan 150mm sebesar 4084,83 Kg, kapasitas balok dengan jarak sambungan 200mm sebesar 4036,67 Kg, dan jarak sambungan 300mm didapatkan kapasitas sebesar 4031 Kg. Semakin kecil jarak sambungan, maka semakin besar kapasitas dan tegangan lentur pada balok, sedangkan lendutan yang terjadi akan semakin kecil.

 

Kata kunci : Balok Komposit Berongga, Baja Cold-Formed, Jarak Sambungan, Kapasitas, Lendutan, dan Uji Lentur

Published

2023-07-24

Issue

Section

STRUKTUR (STRUCTURE)