PENGARUH CAMPURAN KADAR BOTTOM ASH DAN LAMA PERENDAMAN AIR LAUT TERHADAP KUAT GESER PADA BALOK

Kemal Yodyawira, Ristinah S, Ari Wibowo

Abstract


Batubara yang digunakan sebagai sumber energy menghasilkan residu berupa fly ash dan bottom ash. Di Indonesia banyak dijumpai bottom ash dimana volumenya akan terus bertambah tiap tahun. Keberadaan bottom ash ini dianggap sebagai limbah yang dapat mencemari lingkungan dan mengganggu masyarakat sekitar.

Penelitian menggunakan balok beton bertulang berukuran 7 x 10 x 110 cm sejumlah 24 benda uji dengan 4 variasi kadar campuran bottom ash dan 3 variasi lama perendaman dengan air laut. Setiap variasi penelitian digunakan 2 benda uji balok beton bertulang dan tiap benda uji diberikan sampel beton silinder sejumlah 3buah.Variasi kadar campuran bottom ash yang digunakan adalah 0%, 10%, 20%, dan 25% sedangkan lama perendaman yang digunakan adalah 7, 14, dan 28 hari. Ujian kuat geser pada balok dengan tumpuan sendi-sendi menggunakan alat hydrolic jack dimana pembacaan bebannya menggunakan load cell. Metode yang digunakan untuk pengolahan data adalah metode statistik ANOVA 2 arah dan regresi.

Dari pengujian ini didapatkan bahwa terdapat pengaruh variasi campuran bottom ash dimana nilai hasil uji balok dimana Pn uji yang paling tinggi terjadi pada campuran bottom ash 10% sehingga kuat geser yang paling tinggi terjadi pada prosentase tersebut. Sedangkan untuk nilai kuat tekan dan Pn uji yang paling rendah terjadi pada campuran bottom ash 25%. Berdasarkan hasil analisis statistik uji F dua arah dengan α = 0,05, menunjukkan bahwa ada pengaruh lama perendaman dengan menggunakan air laut akan tetapi tidak terlalu signifikan terhadap nilai kuat geser  pada balok. Vuuji rata-rata padabalokbetonbertulangdenganvariasicampuranbottom ash 0%, 10%, 20%, dan 25% padarendaman 7 harisecaraberturut-turut 625 kg, 700 kg, 615 kg, dan 636,25 kg. Rendaman 14 harisebesar 611,25 kg, 672,5 kg, 615 kg, dan 615 kg. Rendaman 28 harisebesar 592,5 kg, 695 kg, 625  kg, dan 650 kg.

 

Kata kunci: bottom ash, rendaman, balokbetonbertulang,kuattekanbeton, kuatgeser, ujisilinder, ujibalok


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.