Pengaruh Jarak, Panjang dan Besarnya Beban Terhadap Kecepatan Konsolidasi pada Tanah Lunak yang diperbaiki dengan Prefabricated Vertical Drain (PVD) Pola Segitiga

Authors

  • Bahy Nazyh Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijaya
  • Yulvi Zaika Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijaya
  • Eko Andi Suryo Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijaya

Abstract

Pemerintah Indonesia sejak presidennya bapak Ir. Djoko Widodo dalam pembangunan
infrastruktur sangat pesat sekali, diharapkan bahwa pembangunan Infrastruktur ini berperan
sangat penting dalam menggerakan di bidang perekonomian di suatu wilayah, salah satu
programnya adalah transportasi darat berupa jalan Tol. Jawa Timur merupakan salah satu
Provinsi yang termasuk mendapatkan program pembangunan Jalan Tol, salah satunya adalah
ruas tol Surabaya-Pasuruan. Pembangunan jalan tol ini melewati suatu daerah tepatnya di desa
Kedawung Kulon, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan. Adapun lokasi tanah yang akan
dilalui jalan tol berupa tanah lunak (lempung) memiliki kandungan kadar air tinggi. Tanah
lunak pada umumnya mempunyai daya dukung yang rendah dan memiliki sifat kompresibel
tinggi dan permeabilitas yang sangat rendah. Karena memiliki sifat-sifat tersebut, tanah ini
cenderung memiliki potensi penurunan konsolidasi yang besar dan dalam waktu yang cukup
lama. Pada kenyataannya tanah lunak kurang menguntungkan secara teknis untuk mendukung suatu pekerjaan konstruksi jalan tol. Hal ini seringkali menjadi kendala dalam
pelaksanaan suatu pekerjaan konstruksi.
Untuk mengatasi permasalahan tanah lunak salah satu metode yang paling efektif
menggunakan sistem preloading yang dikombinasikan dengan pre-fabricated vertical drain
(PVD) dengan pola segi tiga. Adapun penelitian ini dilaksanakan dengan harapan untuk
mengetahui percepatan waktu yang dihasilkan dari proses konsolidasi konvensional
dibandingkan waktu yang diberikan oleh kombinasi preloading dan PVD untuk mencapai
konsolidasi primer pada derajat konsolidasi yang sama. Untuk mengetahui besar penurunan
dan kekuatan konsolidasi tanahnya dengan berbagai variasi (Panjang, jarak, beban). Studi ini
akan dilaksanakan beberapa pengujian tanah asli di laboratorium antara lainN: uji konsolidasi,
uji kadar air, uji density danN uji vane shearNN dengan tujuan mempercepat konsolidasi tanah
dan diharapkan mampuN meningkatkan daya dukungN tanah lunak untuk pembangunan jalan
tol.

Published

2022-07-29

Issue

Section

GEOLOGI TEKNIK (GEOLOGY)