STUDI ANALISIS MODIFIKASI BATANG TEGAK LURUS DAN SAMBUNGAN BUHUL TERHADAP LENDUTAN, TEGANGAN PELAT BUHUL DAN KEBUTUHAN MATERIAL PADA JEMBATAN RANGKA BAJA AUSTRALIA KELAS A

Muhammad Syahid Thonthowi

Abstract


Jembatan rangka baja Australia kelas A mempunyai bentuk konfigurasi jembatan warren dengan ciri khas elemen diagonal tanpa elemen vertikal. Pada jembatan tipe ini sambungan batang di setiap buhul mempunyai jarak yang relatif besar sehingga, pelat sambung mengalami tegangan yang berlebih akibat momen sekunder yang bekerja dan gaya batang yang tidak ditransfer ke batang lain secara langsung. Pada studi ini jembatan dimodifikasi dengan menambahkan batang tegak lurus dan memodelkan sambungan buhul dengan batang yang bertemu pada satu titik. Selanjutnya dilakukan analisis modifikasi batang tegak lurus dan sambungan buhul terhadap lendutan, tegangan pelat buhul dan kebutuhan material pada jembatan rangka baja Australia kelas A.

Studi ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan lendutan yang terjadi antara jembatan rangka baja Australia kelas A dan jembatan rangka baja Australia kelas A dengan modifikasi batang tegak lurus, perbedaan tegangan yang terjadi pada pelat sambung buhul dengan gaya batang terbesar antara jembatan rangka baja Australia kelas A dan jembatan rangka baja Australia kelas A dengan modifikasi sambungan buhul serta perbedaan kebutuhan material antara jembatan rangka baja Australia kelas A dan jembatan rangka baja Australia kelas A dengan modifikasi batang tegak lurus.

Hasil dari studi ini menunjukkan bahwa penambahan batang tegak lurus mempunyai pengaruh lebih besar dalam hal mengurangi lendutan jembatan pada bentang pendek dari pada bentang panjang. Modifikasi buhul dengan mempertemukan batang-batang pada satu titik berpengaruh pada persebaran tegangan pada pelat penyambung, dibuktikan dengan kondisi pelat eksisting mengalami tegangan yang lebih besar pada beberapa titik sekitar baut dari pada pelat kondisi ideal (modifikasi). Dari segi kebutuhan material baja dan selisih lendutan, penambahan batang tegak lurus untuk mengurangi lendutan lebih cocok diterapkan pada jembatan dengan bentang yang pendek.

 

 

Kata Kunci : Jembatan Rangka Baja Australia Kelas A, Modifikasi Batang Tegak Lurus, Modifikasi Sambungan Buhul, Kebutuhan Material.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.